27.5.12

SS4 INDONESIA

Annyeonghaseo, gw mau ceritain kisah panjaaaaaang dan lebaaaaaaaar tentang konser Super Show 4 Indonesia yang gw datengin hari Minggu, 29 April 2012 lalu.. (○⌒∇⌒○)

Ah iya, sebelumnya gw mau berterima kasih buat kohai gw yang bernama Hajar, berkat dia, gw bisa nonton konser SS4 ini.. Mungkin kalo waktu itu dia nggak ngehubungin, gw bakal tetep nonton tapi di hari tambahan atau beli lewat calo yang mahalnya amit-amit sih.. Ehehehe selamat deh. Gomawo yo!! o(>▽<*)



BEFORE CONCERT


Malem Minggu (28/4) alias H-1 Super Show 4 Day 3, niatnya gw sih tidur cepet, supaya besoknya fit sefit-fit-nya nonton konser. Eh ternyata apa daya hati ini tidak tahan kepo banget sama SS4 Day 2! Seru banget mantengin live report dari temen2 yang nonton, plus yang dari fanbase kayak WorldWideELFs, dll aaaa nggak sabar Hae. Pas akhirnya udah niat mau tidur tuh sekitar jam 1 malem, eh si Siwon ngetweet dan ada twitpic-nya foto bareng orang Indonesia gitu. Aakk ga jadi tidur deh, nungguin sekitar 15 menit dulu, mastiin Hae nggak ngetweet kayak begitu juga ahaha.

Paginya, setelah membekali perut dengan nasi+ikan teri+telur dadar masakan nyokap, gw berangkat dari Depok menuju Ancol.. sekitar jam 9 pagi lah itu~! Ah iya, gw sempet mampir kosan dulu buat ngambil lightstick dan ganti sepatu kets. Nyampe Ancol, eh gile antrean beli tiket masuk Ancol-nya aja udah panjang bener.. Mana waktu udah menunjukkan pukul 11 eaa dua setengah jam lagi SS4-nya mulai bok. "Tenang, tenang Niw," gw ngomong ama diri sendiri. 15-20 menit ngantre, udah tuh, masuk Ancol deh.. Jalan ke halte bus yg udah disedian buat ke MEIS. EHH TERNYATA RAMEEE BANGEEET! Tapi gw tetep berusaha tenang tuh, mulai seru sih, sambil nunggu sambil ngobrol ama ELF-ELF lain. Rupa-rupa banget deh. Ada yang udah nonton 2 hari berturut-turut dan ini yang ketiganya. Ada yang belum dapet tiket, baru mau gambling nyari di calo-calo di MEIS. Dan lain-lain. Heboh hahaha. ♪☆0(^^0)*^^*(0^^)0☆♪

INSIDEN BUS


Nah setelah dapet bus, ada insiden konyol yang terjadi! Pas bus baru masuk area Pantai Karnival, busnya berhenti trus nyuruh para ELF yang mau ke MEIS turun buat nyambung bus di depan aja, ealah macem bus kota aje, abang!. OK OK dengan sabar, pindah lah itu para ELF ke bus depan, supirnya kaga ada tapi!  Ditunggu 3 menit, kayak nunggu pop mie, belum juga muncul itu supir. Yang muncul malah bus SS4 lain, yaa heboh hijrah deh para ELF ke bus baru itu. Ada yang ELF yang nyeletuk "pindah yuk pindah, mogok kali nih busnya (yg ga ada supirnya)" tapi gw juga ga perhatiin yang mana yang ngomong. Beberapa lah, wajar ya, kan udah BT pengen cepet ke MEIS. Udah bentar lagi gitu. Gw aja udah di-ping-ping-in ama temen wahaha mianhae~ Setelah hijrah, tiba2 muncul bapak2 gendut yang ternyata adalah supir bus tadi nyamperin bus kami! Ngomel2 gitu di depan pintu bus, "SIAPA YANG TADI BILANG BUS SAYA MOGOK?! SIAPA?? NGAKU!!" Eaaa.. apa deh. Dan gw yg posisi berdirinya deket pintu ngeliat ada grombolan tukang ojek yang manas2in "Tanyain satu2 ajee, ada tadi gw denger!!" Hidiiih.. Dengan santainya gw bilang ke tu supir, "Eh pak, nggak pake marah dong. Sensitif banget kayak cewek lagi dapet!" Takut diomelin sih gw sebenernya, tapi gw juga sebel.. Nih pasti ojek2 yang BT deh karena ELF kaga ada yang ngojek ke venue. Untunglah ELF-ELF lain juga ikut2an ngomelin si supir bus, dan pada akhirnya kita pindah lagi ke bus si supir sensi ini karena dia janji (atau gengsi) bilang: "INI SAYA TURUTIN DEH MAUNYA KALIAN APA!" Maksud L pak?! (-__-;)

Dan kemudiaaaann~ jeng jeng jeng! Sampe di MEIS! Berhasil berhasil! Tapi najong abis banyak orang yang ngobyek! Jualan ini itu ini itu ihhh manfaatin banget (-__-) Bener-bener beda ama waktu di SS3 Spore dulu, venue bersih rapi jelas mana antreannya.. Lah ini, gw nyari2 sendiri itu dmana tempat penukaran tiketnya. Kesana kemari.. Udah siap2 kalo kalo ngantre lagi.. Pas ketemu ehh gubrak, kosong! Oh ternyata udah kagak jaman ngantre nuker tiket, orang-orang udah pada ngantre dari pagi2 buta LOL, kalo gw konsernya udah tinggal sejam lagi baru nuker.. geblek. Di lorong antrean gw tinggal jalan cantik ke loket dan tadaa dapet gelang tiketnya deh. Staf Showmaxx-nya ngeliat kaos gw dan bilang "Selamat nonton Donghae yah!" Hehe, makasih mbak (。-_-。 )人( 。-_-。)

Setelah sholat dan tenang dengan tiket di tangan, gw menuju ke booth penjualan official merchandise di K-Pop Land yang super gerah.. Gak nyaman euy. Pas ngeliat jam, eh udah jam satu ternyata, err gambling deh gw, pede aja kali ya klo merchandise-nya belum abis ntar pas selesai konser. ((((((v´▽`)v Fufufu, gw ga jadi ngantre merchandise. Gw lewatin deh itu tempat foto-foto ama banner, tempat ELF tanda tangan, dan booth booth lainnya, menuju the venue! Spanjang jalan gw liat banyak ELF duduk2 di mal, di lantai, ini pada nonton apa kagak ya? Udah mau mulai kok masih santai? Gw lari2 imut menuju gate yang kosong LOL. ((((((v´▽`)v Gak pake ngantre lagi Oh iya, pemeriksaan tasnya banyak banget.. Ampe tiga kali tas gw dibuka buat mastiin klo gw gak bawa kamera. Binocular gw jadi tersangka utama mulu, karena case-nya mirip kamera, si security main ngomel aja, "INI APA?!", gw jawab dengan poker face "Teropong bang, buka aja.." Pas yang ketiga kalinya diperiksa tuh gw udah BT, jadi pas security ketiga liat case teropong dia bilang "INI KAMERA?!", gw diem gak jawab, sengaja nunggu dia buka aja, ehh dia malah manggil temen2nya "Ada yang bawa kamera nih? Diapain ya?!" Lahh pan belom lo buka cuuuyy. Temen2nya nyamperin dan bilang copot baterenya.. gemes gw liatnya. Dia bilang sambil buka case "Maaf ya baterenya.. Emm.." Krik krik krik.. "Eh teropong ya, oke silakan masuk.." JEGERRR! Rasain loo hahaha. Dia gak tau klo kamera gw selipin di B-*piiip*.

Masuk ke venue, ngeliat stage dan bigscreen SUPER SHOW 4 INDONESIA, aaaah semua rasa lelah dan rasa kecewa ama kondisi di luar tadi itu sirna sirna sirna! Sebentar lagi ketemu Hae lagi. Miss you so much oppa! Gw langsung duduk manis di kursi sesuai seat number gw. View-nya enak.. cuman bagian depan aja ketutup dikit sama super VIP. Yah ndak papa, ada big screen ada binocular, gw udah siap menikmati Sushow 4 Indonesia!!!

Ketika waktu menunjukkan pukul 13.45, lampu MEIS Ancol akhirya dimatikan! Yep, artinya konser akan segera dimulai.. Kyaa! ELFs di dalam venue riuh.. Semua nggak sabar menanti para oppa muncul di atas stage! Di sekeliling gw.. sapphire blue ocean milik ELF Indonesia menyala dalam kegelapan, termasuk dari lightstick gw, and it was sooo beautiful.. Gw terharu, Hae-oppa!! I’m here in front of you, with your name written on my lightstick..(✿◕ ‿◕ฺ)ノ。₀: *

And then.. JENG JENG JENG!! (。-_-。(。-_-。(。-_-。(。-_-。)。-_-。)。-_-。)。-_-。)



SUPER SHOW 4 INDONESIA DAY 3 DIMULAI!! 


Dibuka sama VCR underwater yang nampilin satu per satu member Super Junior, diiringi teriakan histeris para ELF terutama pas bias-nya disebut. “LEE DONGHAE,” was shouted, and I scream like a teen “Oppaaaaa!!” LOL. Nggak pake lama, intro Superman terdengar: “SUPER JUNIOR- neun wonrae maen jaman ppajin, Ireum hamyeo himsen tori SUPER MAN”, and syut Super Junior udah di atas panggung!! Bermandikan lighting yang sungguh benar-benar memukau sekali. A for Awesome! “HEY! SJ LIKE THIS!” ELF kompak bangeet.. fanchant-nya kompak! Pas part Donghae nyanyi, bait kedua Superman, Hae muncul di big screen. Aww, still hansome.. It’s almost been ten months, we didn’t meet (the last one is in Kimchi event, Indonesia), and he’s still.. still my fishy. OMO, I was losing my breath already.

Next song, Opera, A Man in Love, Bonamana, You’re My Endless Love, Wonder Boys, Rokugo (tanpa jas bling-bling kayak di SS3 dulu yahh), kemudian Walkin’.



VCR Walkin’ menarik banget.. Nggambarin kalo setiap member juga memiliki masa2 dimana mereka ingin lepas dari kesibukan mereka, namun di saat seperti itu pula mereka selalu merindukan para ELF. VCRnya mengambil lokasi shooting di New York City dengan pengambilan gambar yang ciamik.. Lagu ini dibawain Suju di atas panggung dengan konsep yang menarik. Mereka berjalan2 diikuti animasi big screen yang bagus.. Teuk terbang dan melakukan salto di udara, lucu. Beberapa member telihat pakai batik! Keren banget.. Hyuk, Shindong, dan Siwon.. ketiganya memakai batik dan batik Siwon adalah yang terkeren. Cocok dah oppa jadi model Batik Keris. LOL.

Di sela-sela performances Suju, muncullah adik-adik mereka yang keren2 itu nge-dance-nya.. Yap, EXO-M! Cuma di SS4 Indonesia nih ada EXO-M, dan katanya yak ini pertama kalinya mereka konser di luar negeri, masa gitu? Gw nggak gitu percaya LOL. Penampilan EXO-M dibuka dengan animasi logo mereka yang keren, dan mereka ngebawain MAMA, dan History di dalam konser.




Super Junior as usual bergantian membawakan solo-nya masing-masing. Setiap solo selalu unik. Seperti solo-nya Kyu yang pas lagi nyanyi ballad eh muncul big screen Kyu sendiri ngata2in Kyu yang di panggung. Trus Kyu mukanya langsung sok-sok BT dan langsung pake kacamata sambil lanjut nyanyi “Isn’t She Lovely”..hihihi. Solo dari Teuk juga memukau, mainin lagunya Kenny G dengan saxophone dilanjut main piano. Solo-nya Hyuk yang lincah dan norak bikin gw ktawa2 nontonnya, “Say, My, Name!” said Hyuk, and ELF shouted “LEE HYUK JAE” for about a million times ahaha Mr Anchovy lo pengen gw bawa pulang dehh. Trus solo dance-nya Shindong yang kereeennn banget.. solo favorit gw :3 Dance sambil rada2 lipsync gitu hihihi diiringi lagu Cinta Jangan Kau Pergi milik Vidi Aldiano. And super surprise! Pas di sesi ngobrol2, Shindong nyoba nyanyiin reff-nya lho! Aww sweet.. Solo milik Wook (Moves like Jagger) juga keren, diiringi dancer2 sexy yang gak cocok ama wajah childishnya Wook LOL. Dan juga For One Day-nya Yesung yang suaranya terdengar mulai lelah hiks. Yesung project terlihat jelas, dan Yesung nangis.. Mungkin karena terharu dan sedih suaranya nggak bisa maksimal, padahal fansnya udah bikin project.


 

Good Friends adalah lagu dimana setiap member berubah jadi alter-ego masing2 sesuai di VCR. Hae jadi Charlie Caplin, jadi kostumnya nggak terlalu aneh sih dibanding Hyuk yang jadi ayam, atau Wook yang jadi makhluk apa itu yang di Lord of The Ring, Gollum yak. Di lagu ini pas Hae lagi nyanyi2 sendiri, Yesung yang berkostum Chucky muncul dari belakang mengendap2 dan langsung nyium pipi Hae. Eh woi.. Masih dengan kostum yang sama lagu Pajama Party dimulai! Yay, lagu dari dulu sering menjadi ringtone hape gw dimainin (penting!). Anak2 Suju keliatan dah gilanya di lagu ini. Dan lampu kembali mati.

Intro Feels Good terdengar. Para ELF dimanjakan dengan animasi stage dengan konsep yang keren. Setiap member kayak lagi berbicara dengan ‘sisi lain diri mereka’ di big screen. Keren deh, salut gw ngeliat konsep konser kayak gini. Setelah Feels good berakhir, Suju ngelanjutin dengan A-Cha, Mr Simple, dan Don’t Don.


Konser terus berlangsung dengan super seru dan super riuh.. Baik dari anak Suju yang entertaining banget, dan ELF yang juga terus berusaha interaktif dengan semua member melalui project dan fanchant.. Gw berbekal binocular tentu aja nyorot Hae selama konser. Nggak terus2an sih, ganti2 ama nikmatin langsung penampilan di panggung secara keseluruhan, dan sambil ngeliat big screen yang nampilin kelakuan setiap member di stage. Ada part dimana Hyuk ama Yesung lagi dadah-dadah-an di depan kamera yang langsung ditampilin di big screen, si Hae ngedeket terus ngelempar boneka atau bantal kecil gitu ke arah muka Yesung! Bused Hae badung banget. Kenceng pula ngelemparnya.. langsung deh Yesung ngejar2 Hae terus ditoyor kepalanye. Buahahaha.




OPPA-OPPA! Duet maut Hyuk dan Hae seru banget. Warna warni dan meriah! Gaya dance nyisir2 rambut pas di reff itu lucu dan kompak. Aah best couple-nya Suju banget emang deh.
“I say Donghae, you say Oppa. DONGHAE!” “OPPA!” “DONGHAE!” “OPPA”
“I say Eunhyuk, you say Oppa. EUNHYUK!” “OPPA!” “EUNHYUK!” “OPPA”

SERUUUUU!! One of the most energetic performance that day!

Dilanjut dengan VCR Storm yang bagus dan sedih. Tentang kematian seorang cewek gitu, si Yoona SNSD kayanya kalo gw gak salah ngenalin. Mati di pelukan Hae yang berlumuran darah namun tetap ganteng. Ketika Suju KRY + Hae + Min nyanyi di atas stage pun bagus dan sedih.. Gw ngeliat pas Hae nyanyi partnya dia, sambil nutup mata, menghayati atau ngantuk, oppa? Ahaha menghayati dong ya.

Next, Teuk menyuruh Shindong ngajarin para ELF dance buat ngiringin Suju nyanyi lagu You & I. Dance-nya gampang diinget dan lucu, terakhirnya bikin love shape.. aww. Beberapa couple Suju bikin love shape bareng2. Seperti Siwon dan Kyu, dan pasangangan fenomenal EunHae ;) Lagu ini selesai dilanjutin dengan Lovely Day tanpa musik..

Dilanjutin dengan OUR LOVE, salah satu lagu favorit gw.. Fanchant lagu ini jelas kompak ya, karena lagu lama sih ehehe. Gw inget banget waktu Hyuk nyanyi, si Hae ngelitikin lehernya Hyuk (mereka duduk sebelahan) tapi Hyuk tetep berusaha nyanyi sampe part-nya abis baru ketawa. Nah pas part-nya Hae, si Hyuk ngebales.. Dia megangin mic-nya Hae selama Hae nyanyi, tapi mic-nya dinaik2in terus sampe Hae-nya gak bisa nyelesein nyanyiannya karena mic-nya terlalu tinggi dan Hyuk yang ngelanjutin ampe selesai! Bahahaha. Hae dikerjain malah ketawa2 girang gitu, hahaha. Oh iya, lagu ini di SS4 juga berkesan banget buat para ELF dan Suju sendiri, karena di tengah lagu ditayangin VCR kelakuan anak2 Suju sejak sebelum debut, lucu dan manis.. Setelah VCR selesai, musik meninggi dan seluruh ELF menyanyikan reff Our Love disaksikan oleh para oppa yang tersenyum manis melihatnya bahkan banyak yang sampai nangis terharu.. Gw akuin sempet menitikkan air mata juga di part ini. Hiks. Dan gw kangen Kangin. m(;∇;)m

Gaseumeuro neukkyuhboseyo
Nan uhlmamankeum geudaeane inneunji
Geu ipsullo marhaeboseyo
Oraejuhnbutuh nareul saranghaewaddago marieyo

Setelah bersedih-sedih, Suju kembali menampilkan lagu ceria, DOREMI! VCRnya lucuuuu banget, parodi film The Sound of Music. Siwon jadi Kapten Von Trapp, Shindong jadi Maria si guru musik, dan member lain jadi anak2nya. Sempet ada kejadian kocak nih pas lagu ini. Fanboy yang duduk di samping gw, yang awalnya nggak gw perhatiin.. pas adegan Maria Shindong mau nyium Kapten Won di VCR maupun di stage, si fanboy teriak kuenceeeeng banget: “WOYY GILA WOYY JANGAN DICIUM WOYY!!”, yeah okelah cowok ga kuat liat kelakuan yang rada menjurus homo2 gitu.. eh ternyata teriakannya masih lanjut “JANGAN CIUM SIWON WOYY, SIWON GUEE!!” Eh what?!

Berlanjut terus dengan lagu Dancing Out (yang rencananya mau gw rekam full tapi security ketat jadi nggak bisa deh ehehe), Sorry Sorry, Miracle, dan lagu terakhir Destiny.. Emm gw udah lupa urutan lagunya sih sebenernya jadi belum tentu bener yang di blog gw ini ehehehe.

Pas sesi ngobrol2, Teuk bertanya: “Apakah tidak capek? Apakah sudah cukup bahagia?” dan dijawab dengan teriakan heboh para ELF kekeke. Teuk juga sempet nanya tentang pernikahan gitu.. Teuk mau nikah beneran kah? Good for you oppa ^^ Ah btw, Hyuk disini ganjen banget. Dia bilang (dalam bahasa Korea, ditranslate) kalo dia lapar. Dan dia ingin para ELF meneriakkan cintanya pada Hyuk agar dia bisa memakannya. GUBRAK. Jelaslah semua ELF di dalam MEIS ktawa2 ngakak. Hyuk malah berdiri dan menyuruh ELF berteriak. Kemudian ELF berteriak rame banget, dan si Hyuk mangap sambil belagak memakan teriakan2 gitu LOL. Teriakan ELF belum selesai tapi Hyuk berhenti makan, dan dia bilang “Sudah cukup, kalau lebih dari ini saya akan menjadi seperti Shindong (dalam bahasa Korea)” Buahahaha parah. Dalam sesi ini semua member berusaha berbicara dengan Bahasa Indonesia, seperti Kyu yang mengatakan: “Apakah menyenangkan?” dan Min yang bilang: “Nama saya Sungmin, terima kasih ELF Indonesia.” ヾ(@^▽^@)ノ

Di hampir endingnya konser, Siwon nantang member2 lain buat uji ketahanan di atas air mancur panggung. Siwon manggil emm gw lupa siapa aja, salah duanya Hyuk ama Hae. Padahal mukanya Hae udah pink2 gitu kecapean konser tiga hari berturut-turut pasti.. uhuhu. Pas Siwon bilang “Lee Donghae!”, Hae mukanya udah males gitu dalem hati gw tau Hae pasti bilang “Ya elah Won, ngapa gw sik..” Kekeke. Tapi ngeliat Hyuk yang semangat buat unjuk gigi, Hae ga mau kalah. Yang lain pada berdiri tuh ya di atas lubang air mancur, si Hae ngebungkuk posisi push-up gitu, jadi dada dan mukanya duluan yang bakan kesirem air!! OPPA WHAT THE FU ARE YOU DOIN?! Dan ketika air mancur nyala diiringin musik “Super Junior the Last Man Standing!”, Hae bisa bertahan lamaa tapi keliatan mukanya maksaiiinn.. uhuhu oppa bodoh!




EXO-M juga sempet muncul lagi untuk memperkenalkan diri, Teuk terlihat seperti kakak yang baik waktu itu. Yang banyak bicara sih Kris, dan Hae yang super iseng ngambil air mineral botol dan bersiap2 nyiram Kris dari belakang. Member Suju lain ngeliat dan ngikutin Hae, pas Kris selesai ngomong “JEBYUURR” Kris basah, Hae ketawa2 ahahaha dasar Haee ngegemesin.

Last moment of SS4 Indonesia, semua member melakukan bowing bersama di atas stage. Teuk bowing paling lama.. kemudian mereka berkeliling bowing ke tiap2 sudut panggung.. dan seperti yang dilakuin sama Hyuk di setiap show.. Dia berdiri bersama Hae (dan Min) di depan big screen utama, nyium jempol dan dikasih ke depan. Hae teriak “Indonesia!”, dan Hyuk ngelanjutin dengan teriak “Jakarta!” dan mereka berdua tidak terlihat lagi karena sudah masuk ke backstage. Sedihhh. Satu per satu member masuk ke backstage. Yang tersisa uri leader! Teuk masih di panggung, berlarian ke setiap sudut panggung sambil bowing. Bener2 momen terakhir antar ELF dan leader di SS4 Indonesia ini, Teuk berdiri sendiri persis di tengah panggung dan bowing sendiri.. dan lama, sambil menangis.. Teuk-oppa, thank you, and please don’t cry..




PS: Thank you Super Junior for coming to my country, Indonesia. You must have known that all Indonesia ELF have waited for such a long time til this time. Especially for my bias, Hae. You did great, your father must be so proud of you. I hope I can meet you again in another occasion. Yesung-oppa, I saw your tired face in day 3 and it kinda made me sad. You made me realize that Super Junior was overworked for these 3 days. But then, every oppa still did the very best effort for us, Indonesia ELF. I’m really proud having idols like you all. Super sorry for any inconvenience. Thank you thank you thank you!


Credit: Semua foto diambil dari hasil kompilasi blog ini: http://sup3rjunior.com/2012/04/26/120426-30-ss4ina-compliation-post/ Thank you for compiling!! :)

4 comments:

  1. hwoa.. Kunjungan balik friend.. :))
    taun dpn kalo ada ss5 nontn lagi? Hehe...

    ReplyDelete
  2. hmmm klo bilang 'nggak', ntar nyesel..
    ehehe, amin deh nonton lagi ;)

    ReplyDelete
  3. Trus mau nanya itu dari MEIS ke pintu ancol depannya lagi gmna??

    ReplyDelete
  4. jalan kaki! :D hahaha perjuangan banget yaa.. tapi bener sih jangan naik taksi lah dari dalem klo nggak mau dompetnya kering, soalnya macet banget. santai.. yang jalan juga rame..

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca, feel free to leave any comment :)