5.6.12

PERPUSTAKAAN NASIONAL

Beberapa waktu yang lalu, gw, yeah sendirian, menyempatkan dan memberanikan diri berkunjung ke Perpustakaan Nasional di wilayah Salemba, Jakarta. Kalo dipikir2, entah kenapa ya kok sampe seumur ini gw belum pernah juga sekalipun ke sana? Ke Gramed, sering..

Baru mau memasuki Perpusnas aja, gw udah deg-deg-an. Ah harusnya gw ajak temen. Gw jalan ngelewatin pos satpam dan halaman depan dengan langkah di-pede-pede-in seakan udah sering banget masuk ke sana ehehe. Sayangnya, kepedean gw down lagi gara2 gw salah masuk lobi.. pantesan sepi hihihi. Ketika sudah memasuki lobi yang bener, gw bingung lagi.. di sebelah kiri ada Kios Buku, Ruang Tunggu, sebelah kanan ada Loker, Hotspot, dan elevator. Aaakk gw nggak ngerti harus kemanaaaa. Akhirnya gw putuskan untuk duduk di salah satu PC yang available di area Hotspot. Ngok ada login membernya ternyata. Trus piye carane yooo.. Gw celingak celinguk , nyari orang yang bisa ditanyain, dan akhirnya ibu2 yang jaga loker lah yang beruntung itu. Dia nunjukin gw lokasi pendaftaran anggota..

Ini part yang paling menyebalkan, daftar keanggotaan di sana ngeselin abis. Staf yang ngurusin nggak friendly banget, dan rada songong gitu cara negurnya ke orang yang salah ngisi form. Saat pengisian pertama gw sempet salah, atau kurang lengkap tepatnya, harusnya kolom alamat ditulis selengkap-lengkapnya, baik alamat rumah maupun alamat kampus/kantor. Tapi cara ngasih taunya itu lhoo.. nggak bangett, kagak ada sabar2nya.. bahkan pas kedua kalinya setelah gw perbaiki, dia ngomongnya masih nyolot gitu, ngeselin abis. Partnernya sama aja, bukannya persilahkan orang setelahnya malah ngomong "mau daftar atau nggak? terserah kamu deh mau sama (staf) yang mana.." Lahhh kaga diapa2in kok begitu.. Ya jelas para pendaftar jadi pada pasang tampang bengong. BIG NO NO NO deh buat pelayanan pendaftaran Perpusnas. Sayang banget bro, padahal ini gerbang pertama buat menikmati fasilitas pelayanan di Perpusnas, orang2nya malah kek begini. Pandangan gw pribadi tentang Perpusnas jadi turun.




Setelah itu gw nitip tas di loker, sama aja petugasnya juga jutek, bahkan memberikan nomor loker tanpa ngeliat ke arah gw.. Ampuuun DJ. Pada kenapa sik orang2 di sini.. Capek banget yee kerjanyee? Hiiihh. Dengan elevator yang tersedia gw menuju ke lantai 3, dimana komputer untuk access katalognya ada banyak.. karena gw belum nyiapin judul buku yang pengen gw baca, sempet bingung juga liat katalog. Susah juga ya berarti bagi orang yang dateng cuma buat iseng tanpa tujuan bacaan.. Ah mungkin karena gw belum terbiasa aja kali ya. Setelah browsing2 macem2 buku.. akhirnya gw memilih satu judul buku yang keliatannya cukup menarik, sayang di katalog gak keliatan covernya, padahal gw tipikal orang yang judge a book by its cover banget ehehehe.

Gw ngisi form pemanggilan buku, menulis data buku yang pengen gw panggil.. Iya, panggil. Jadi di katalog ada ditulis, buku yang kita pengen ada di lantai mana. Kita tinggal ke lantai tersebut, masuk ke blok dimana buku itu ada, trus masukin form yang udah diisi ke suatu kotak. Ntar ada staf Perpusnas yang ambil kertas kita dan nyariin buku itu di ruang koleksi buku. Setelah ketemu, si staf manggil kita. Jadi panggil2an dehh.. Uuuu co cwit.. Abis itu, gw dimintain kartu anggota dan dia ngasih bukunya buat dibaca di tempat. Yap, buku-buku di Perpustakaan Nasional tidak boleh dibawa pulang. Untuk selalu menjaga kelengkapan kali ya. Tapi di situ disediain mesin fotokopi buat ngopi, atau klo nggak mau bayar, foto aja bukunya pake kamera ahahaha.

So, dari pengalaman pertama ini, gw bisa mengambil kesimpulan, Perpustakaan Nasional itu asik banyak banget bukunya, ACnya enak, tempatnya bersih, dan ada fasilitas internetnya. Tapi next time gw harus lebih prepare, kayak judul buku yang pengen gw pinjem, trus gw wajib bawa tas kecil berisi notes dan alat tulis buat mencatat form pemanggilan atw nyatet hal2 penting dari buku yang dibaca supaya nggak perlu motokopi.. Satu lagi, sudahlah tidak usah pedulikan staf2 yang jutek2 itu.. Nggak semua kok, para staf pemanggil itu ramah2, gw suka.. Okeh Niw, promise! yay nambah satu lagi tempat nongkrong.. Fufufu.

1 comment:

  1. mbak, kalo masalah nitip tas itu wajib ya? kalo tas nya kecil harus dititip juga?
    tks infonya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca, feel free to leave any comment :)