8.6.12

L'ARC~EN~CIEL IN INDONESIA

Tanggal 2 Mei lalu, gw mewujudkan salah satu mimpi lama gw. NONTON KONSER L'ARC~EN~CIEL!! Yap, L'Arc~en~Ciel dateng ke Indonesia! To Jakarta, to Jakarta! Sekali lagi biar afdhol: TO JAKARTA! Woohoo!

Waktu di Purwokerto (post sebelumnya), sempet ngebicarain ama anak2 Animac mungkin nggak ya Indonesia masuk ke dalam list World Tour 2012.. Dan pada tanggal 26 Januari, tweet dari sebuah promotor menjawab keinginan kami semua, menggegerkan para fans Laruku di Indonesia! Nih isi-nya..



Cakep bangeeeet kan?! Yeah walopun tweet-nya TYPO (dudul) tapi esensinya itu lho ya. SUPER GOOD NEWS! Gw langsung teteriakan sendiri di depan komputer kantor, "Wooy Laruku ke Indonesia wooy!" Dan untungnya di kantor nggak ada yang peduli LOL. Groupchat Animaku langsung rame.. Semua antusias.. Ya iyalaaaah Niw! Penantian berapa belas tahun inih!

Gw sendiri udah suka Laruku dari kecil, pas SMA kelas 1. Eh itu kecil nggak ya haha. Awalnya gw nggak mudeng Laruku tuh, cuma sering dengerin abang gw nyetel lagu itu di kamarnya. Nah pada suatu hari pas dia lagi sekolah, gw buka-buka komputer dia.. Gw buka salah satu CD yang ada tulisan L'Arc~en~Ciel di covernya. Dan ternyata isinya video-video.. gw mulai tonton dari Vivid Colors, Blurry Eyes.. nggak bgitu easy listening di telinga gw sih, sampe pada video Pieces. Ah enak banget.. videonya yang ending-nya Tetsu ditusuk ama Hyde. Jiwa gw terbakar ngeliatnya (lebay). Dari situ, gw mulai coba lagi dengerin lagu-lagu lain.. dan akhirnya jatuh cinta beneran sama mereka.. So sweet..

Balik lagi ke konser Laruku di Jakarta kemarin. Sesuai announcement awal, konser diadain tanggal 2 Mei 2012, hari kerja. Gw udah yakin seratus persen, gw nggak bakal bisa PSW (pulang sebelum waktunya) demi ngantre masuk venue dari dini hari. So, gw merelakan diri menahan diri nggak beli tiket yang VIP, cukup reguler saja (bilang aja nggak punya duit Niw hehehe). Selain itu, gw juga merelakan diri nggak kuliah Ekonomi Mikro malem itu.. Maafkan saya Pak Prathama.. huhuhu.

Jam 5 teng, gw cabut dari kantor, langsung menuju Lapangan D Senayan. Sebelum masuk venue gw harus tuker voucher pembayaran dengan tiket asli di booth-nya Rajakarcis dulu, yah maklum bahkan sehari sebelumnya pun gw nggak sempet nuker voucher itu. Jadi langsung on the spot haha. Tiket udah di tangan, dan nguk sumpek abis ini area luar venue. Penuh calo! Najong. Ama yah biasa.. objekan.. Berbagai un-official merchandise ada di sana. Sempet terlirik oleh gw ada yang jual poster Super Junior diantara poster2 L'Arc~en~Ciel. Hihihi.

Gate 1 terlewati dengan mudah, pemeriksaannya cuma lirik tas dikit doang. Tau gitu gw nggak perlu masukin kamera ke dalem br* yah.. wahahaha. Sebelum masuk gate 2 gw sempet muter2 dikit di area itu.. Laper, pengen makan, tapi jadi nggak pengen lagi pas tau satu biji hotdog harganya Rp35000 weks. Sempet dadah2an juga ama temen2 Animaku yang nontonnya di wilayah premium.. Asik ya mereka..

Antrean masuk ke gate 2 panjang banget, tapi karena ada temen gw yang udah ngantre di depan, gw langsung ke tempat dia aja -nyelakk- hahaha. Padahal ampe dalem juga nggak ngaruh sih, gw ke belakang belakang juga, lebih prefer nonton dari belakang sih, karena nggak ketutupan kepala2 orang tinggi di depan gw. Di sana, gw dan temen2 udah ambil posisi nyaman buat nonton.. Haha hihi haha hihi, foto foto.. dan BLAST! Lampu sorot dimatiin, tandanya konser mau dimulai! Riuuhhhh wuuuwww wuuuuwww.. Udah siap gw dengan binocular, pocket cam, dan lightstick (Super Junior LOL). Sebelum konser dimulai sempet ada pengumuman kalo hujan deras maka konser akan dihentikan sementara dan dilanjutkan ketika kondisi cuaca sudah kondusif kembali. Yaahhh.. harap2 cemas gitu jadinya.. Berdoa banyak2 gw supaya nggak hujann.. Uhuhu, bukan cuma nggak mau konsernya di-delay sih, tapi juga karena besoknya gw masih harus ngantor!

Dan jeng jeng jeng.. sekelebatan cahaya dari arah panggung mengalihkan dunia gw, panggung yang biasa banget itu tiba2 jadi keren pas video-video animasi l'Arc~en~Ciel World Tour ditayangin.. Sungguh memukau.. Rasa haru mulai muncul pas tulisan Indonesia muncul di antara nama-nama negara yang mereka kunjungin. Kyaaaaa.. Sebentar lagi niw, sebentar lagi..





Nggak lama, L'Arc~en~Ciel muncul! Alunan melodi dari gitarnya Ken mulai terdengan!! "Nozomi nakushita you na~" HYDE!! ITU HYDE!! Ibara no Namida, lagu pertama dibawain. Semua orang heboh teriak2 ngeliat band Jepang legendaris yang udah dinanti selama ini ada di depan mata.. termasuk gw.. Dan oh my God. TETSU!! GW NGELIAT TETSU BERDIRI DI PANGGUNG ITU. Seneng banget.. Gilaaakk kerennn. Dari area Reguler, sisi kanan kiri tengah panggung keliatan semua, cuma sayangnya orang2nya kecil ihihihi. Untunglah si binocular cukup menolong, dan dua bigscreen di kanan kiri itu sangat membantu gw menikmati konser.

Ini urutan lagu-lagu yang dibawain L'Arc~en~Ciel selama konser:

Ibara no Namida | CHASE | GOOD LUCK MY WAY | HONEY | DRINK IT DOWN | REVELATION | Hitomi no Jyuunin | XXX | Fate | Forbidden Lover | MY HEART DRAWS A DREAM | SEVENTH HEAVEN | Driver's High | STAY AWAY | READY STEADY GO

Diselang-selingi juga MC-ing dari masing-masing member, apa ya bahasanya, bercakap2 dengan penonton gitu deh. Gw nggak ngerti itu narasi emang karyanya anak2 Laruku, atau karyanya promotor, yang pasti isinya lawak banget dan karena yang bacain itu oom-oom kami tercintaa jadinya smakin membuat penonton ber-kyaaaa-kyaaaa ria.

Misal, waktu Ken baca narasi (semua dalam Bahasa Indonesia, no translator):
"Jakaruta itu panas gila ya, makanya kemalen saya belenang, pengennya sih sama cewek cewek pake bikini, emang nasib adanya cuma gua ama aa.. chigau (means: 'eh bukan'), emang nasib adanya cuma gua n teman gua, hali ini ada yang pake bikini GAK!? Bikini~ Doko~? (where?) *ngeliat audience* nice bikini girl~ (kurang jelas sih ini tapi gua ngakak)," lanjut lagi "Semalam gua makan mi goreng, nasi goreng, sama sate. Nasi gorengnya GOKIL! Man man?"

Audiences: "Tap tap!"

Ken: "Man man man?"

Audiences: "Tap tap tap!"

Ken: "Man man man man man man man man man man~ (iseng abis si Ken)"

Audiences: "Tap tap tap tap huahahahahaha.."

Masih lanjut tuh ngomongnya si Ken:
"Gw beli oleh-oleh buat Hyde di Pasaraya *nyamperin Hyde trus ngasih plastik Pasaraya gitu* Gw beli wayang, dompet wayang, gamulan kecil (LOL gamelan kali), ama ganjelan (?!)"

*di big screen keliatan Hyde lagi megang wayang golek*

Ken lanjut:
"By the way busway, pasti sekarang Hyde nggak ngerti gua ngomong.."

*di big screen keliatan Hyde mulai mainin wayang dan nyusun gamelan, and he was sooo beautifuull..* Waktu Ken ngajarin cara main gamelan Hyde senyum unyu ngasih jempol ke Ken.. Trus Hyde ngeluarin oleh2 lain lagi dari kantongan Pasaraya itu. Ada suling bambu khas Sunda! Ahahaha lucu banget si Hyde nyoba main tapi cara niupnya salah.. Si Ken mukanya geli gitu, trus pas udah bener bisa bunyi tuh suling, tetap aja kan ya susah bikin nadanya, si Hyde geregetan gimanaaa gitu. Nyahaha.. *pengen cubiitt ta ajarin sini oom* Abis suling Hyde ngeluarin 'door stopper' alias 'ganjelan' yang tadi dibilang Ken. Trus mereka mainin oleh2 lain yang gw nggak ngerti apaan, mirip confetti tapi ntahlah.. nah setelah main, si Ken ngumpulin kertas narasinya lagi, sambil ngeliat Ken beres2, Hyde bilang, "Terima kasih" dengan wajah yang sangat unyuu. Yang diiringi keriuhan para penontonnn.. Ken cuma ngebales tanpa ngeliat Hyde "Sama sama" Gyaaaa~

Ken ngalanjutin MC-ing-nya:
"Abis ini gua bakal nyuruh Hyde mainin tuh suling ama gamelan. MANTAP! Man man man?"

Audiences: "Tap tap tap!!"

Ken: "Lagu selanjyutnyaaaaa: SEVENTH HEAVEN!!"

Seruuuu seruuuu seruuuu, semua lagu dibawain dengan keren abis, dan semua MC-ing-nya sangat lawak dan menghibur.. Nggak rugi nggak nyesel nonton mereka.. Dan pengen lagi, semoga lain kali punya duit banyak jadi bisa nonton lebih deket. Amin..

Setelah Ready Steady Go, keriuhan padam.. Animasi di panggung mati, nggak ada tanda-tanda apapun dari panggung. Konser selesai kah? Weee nggak ada yang rela lah.. "Ang-ko-ru, Ang-ko-ru! (Encore)" audiences-nya mulai teriak2.. Ada yang muncul sih akhirnya, tapi yang muncul di panggung cuma animasi latihan waving gitu LOL. Lumayan lama juga mengheningkan ciptanya. Dan gerimis mulai turun. Rintik rintik dan makin lama makin besar.. Aaakk jangan hujaaannn. Untunglah nggak ampe hujan beneran, cuman lumayan bikin basah. And di panggunggggg.. muncul lirik lagu Anata:

Mune ni itsu no hi ni mo kagayaku
Anata ga iru kara
Namida kare hatete mo taisetsu na
Anata ga iru kara

Tanpa musik, para penonton langsung nyanyi bareng-bareng.. Akhirnya bisa kompak juga. Haha seriusan, dari awal nonton, udah keliatan nggak kompak ini para fans-nya sih. Gw nggak yakin project-nya bakal jalan ehehehe.. Bukan underestimate lho yaa.. Cuman emang keliatan haha.

Dan alunan gitar Ken terdengar lagi. ANATA! Hyde menyanyikan lagu dengan sangat khidmat. Gw mendengarkan dengan khidmat jugaaa.. Dan di reffrain.. di tangah gerimis.. di tengah rasa haru yang membuncah.. dengan lightstick yang berwarna warni.. para penonton nyanyi bersama.. Aaaaa best moment..

Ini lagu2 yang dibawain setelah gerimis..

Encore:
Anata | The Fourth Avenue Cafe | Link | Niji

Di lagu Link, gw ama abang gw ngeliat sisi panggung sebelah kiri kok kosong gitu. Berlarilah gw meninggalkan temen2 gw di belakang LOL, menuju ke depan. Udah nyampe wilayah terdepan dari Reguler, eh pager pembatasnya dibuka. Yowis, masuklah gw ke area Premium. Walopun ternyata area ini nggak enak. Terlalu penuh dan orang2nya tinggi2 ahahaha. Tapi lumayan lah, nyobain Premium area.

Sebelum lagu Niji, Hyde ngomong lagi: "Kamu senang~? *geal geol* kamu senang? *geal geol* Aku juga~ (Hyde mau ngebunuh fansnya yak ini LOL) Kami (akan) datang ke Indonesia lagi.. Terima kasih, ini lagu terakhir.." Dan semua sediiihhhh.. Buhhhuuuu..

Menutup konser setelah Niji, sang leader, suamiku tercinta, Tetsu-chan ngelemparin para fans dengan pisang. Yoooiii, part yang gw tunggu2.. sisi tengah, kanan, kiri jauh, dan akhirnyaaaa ke arah gw!! Andaikan gw lebih tinggi, gw bakal bisa dapet pisangnya Tetchan!! Tapi sayangnya gw sebaiknya menyelamatkan diri sebelum terinjak2 orang2 beringas ahahaha. Dan anehnya, pisangnya nggak ketemu, padahal arahnya bener2 ke wilayah kami. Ampe orang2 sekitaran juga pada bingung.. Huhuhuhu next yearrrr gw harus dapet pisangnyaaaaa!!!

3 comments:

  1. makanya vip niw, vip! hahahaha :D

    ReplyDelete
  2. LOL, maybe next time.. :D

    ReplyDelete
  3. Mbaa seneng bangett oleh-olehnya dinotice! Btw, salam kenal. Nyesel banget ga bisa nonton karena ga punya duit waktu itu. Kapan lagi yaa ke Indo huhu

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca, feel free to leave any comment :)