23.12.14

GOOD IDEA IS A GOOD NEWS

Good News from Indonesia.

Menurut kalian apa? Hal apa sih yang merupakan good news dari Indonesia?

Dari dulu gw sering denger "bad news is a good news", mungkin nggak cuma gw yang sering denger kalimat ini ya. Dan karena ada kalimat inilah ngga heran kalau infotainment (dan penontonnya) menjamur di sana-sini. Dan gw, paling ngga bisa ngerti soal beginian. Bahkan idol group yang saya ikuti pun, tidak ada minat buat nyari gosip tentang mereka :)) Jadi kalo orang-orang pada ngegosip, paling gw cuma bilang 'haha' atau 'hoo' atau 'duh maap, aku ga punya tipi di kosan' sambil mikir "Hah, itu ngomongin siapaaa".

Lanjut ya.. jadi hari Sabtu dua minggu yang lalu, gw dan Agil, dan seorang teman lagi datang ke acara TEDx Jakarta. TED adalah suatu konferensi, dimana presenter akan menyebarkan ide2 keren yang mereka lakukan dari bidang apapun kepada peserta. Untuk kemudian.. up to them, mau dibicarakan.. mau disebarkan lagi.. mau dilakukan, atau bisa saja cukup dikagumi lalu dilupakan (?) Hehe yang manapun, seenggaknya TEDx ingin ide-ide keren ini mendapatkan awareness lebih dari masyarakat.. TED sendiri telah berlangsung sejak tahun 1984 di negara asalnya, sedangkan TEDx Jakarta (x berarti acara TED yang dilakukan secara independen oleh komunitas lokal) telah berjalan selama 10 tahun :)


banner TEDx Jakarta :3 ucuk banget


Sebuah perjuangan dari para 'pendiri' dan volunteer TEDx Jakarta yang sangat wow menurut gw, karena selain acara bisa bertahan begitu lamanya.. kualitas acaranya pun sangat oke. Para volunteer menghandle jalannya acara dengan apik dan baik, pasti ada flaw, tapi tak mengganggu esensi kok. Keren! Dua jempol! :D




Kembali ke Good news from Indonesia, tema blog challenge minggu ini. Bagi gw, jawaban dari pertanyaan gw sendiri adalah: good idea is a good news. Gw selalu sangat suka ngeliat pergerakan2 dari ide. Dan sekarang, memang sedang musimnya ide bertumbuh dan bersemi! (Duileh, bersemi..) Ada Akademi Berbagi, Indonesia Berkebun, Do Inc dan Do Art, Turun Tangan, Save Mugo, dan banyaaak lagi..





Dan salah satu yang gw temukan di TEDx Jakarta kemarin adalaah #HiddenPark-ID

HiddenPark merupakan suatu kampanye pengaktifan taman kota sebagai ruang publik kreatif sehingga menciptakan pengalaman baru berinteraksi dengan Ruang Terbuka Hijau (*read: Placemaking). HiddenPark juga merupakan sebuah eksperimen sosial yang terus berjalan untuk mengidentifikasi aspirasi masyarakat urban terhadap RTH dan memfasilitasi diskusi antar berbagai pemangku kepentingan untuk membuahkan kemitraan. Pada saat yang bersamaan diharapkan gerakan ini dapat memicu meluasnya budaya bertaman yang bertanggung jawab dan menumbuhkan sense of belonging warga kota terhadap taman-tamannya. (sumber: hiddenpark-id.com)

HiddenPark-ID udah sukses 'menghidupkan' kembali beberapa taman kota di Jakarta. Membuat keluarga dan anak-anak menginjakkan kaki-kakinya di rumput taman.. bukan isinya cuma orang pacaran sama mas-mas ojek ngerokok. Menjadikan taman sebagai ruang yang positif, menyenangkan, bahkan menyembuhkan :) Dan HiddenPark-ID masih terus aktif mengadakan berbagai kegiatan di taman-taman yang sudah hidup (dan semoga semakin banyak taman yang hidup) bersama komunitas-komunitas lain..




Sebenernya masih banyak banget ide keren yang muncul di TEDx Jakarta bertemakan New Endings ini. Tapi.. ngantuuk hehehe. Dan intinya, gw sangat sangat suka mengetahui berbagai ide positif yang ada di sekitar. Ide dan gerakan yang terus bermunculan ini.. adalah sebaik-baiknya good news from Indonesia bagi gw. Hehehe..

Do you have any good idea? :)

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca, feel free to leave any comment :)