8.10.14

[BOOK] SABTU BERSAMA BAPAK

Sabtu Bersama Bapak adalah buku yang baru saja gw lahap akhir pekan lalu. Novel kelima karya Kang Adhitya Mulya, yang udah terkenal sama novel-novel terdahulunya yang sarat komedi :3

Entah kenapa sulit bagi gw ngedapetin buku Sabtu Bersama Bapak pada awalnya. Dua kali ke toko buku (yang berbeda) demi mencarinya dan selalu mendapatkan jawaban yang sama, "Stoknya lagi habis, mbak." Huh, padahal udah geregetan banget pengen baca sejak berbagai komen tentang bagusnya buku ini bertebaran di linimasa. Hingga pada akhirnya, datanglah seorang senpai yang baik hati mengirimkan buku ini kepada gw (setelah gw komen di foto G+nya tentang buku ini hehehe) disertai tata cara balas budinya >.<" Ukyaa! Makasih ya kak!

Review, Niw.

Oh iya, review ya review.. Sabtu Bersama Bapak is definitely one of the best book I've ever read! Ciyus. Senyum, ketawa, termenung, tertohok, terharu, mupeng (eh), sampe nangis, begitulah.. kebayang gimana perasaan gw saat membaca novel ini.




Gunawan Garnida, seorang laki-laki dengan satu istri dan dua anak laki-laki yang masih teramat muda, harus menerima kenyataan pahit untuk 'pergi' lebih dulu. Tapi Gunawan tidak mau 'mati' memisahkannya dengan keluarga kecilnya.

I don’t let death take these, away from us.
I don’t give death, a chance.

Itu kata-kata yang diucapkan oleh Gunawan dalam video pertamanya untuk Satya dan Cakra, sang anak. Ya, video yang direkam dengan bantuan sang istri, Itje (bukan Itje Juitje ya.. ih jokes anak SD ya Niw) sebelum Gunawan meninggal menjadi penghubung bagi bapak dan anak-anak ini. Ratusan video berisi pesan-pesan kehidupan terus menemani Satya dan Cakra setiap hari Sabtu sampai mereka tumbuh besar. Mereka tetap tumbuh ditemani bapak.

Seperti yang tadi gw bilang. Beberapa pesan dalam video, bikin gw aaaaaaaa OMG hiks hiks << susah diungkapkan dengan kata-kata. Kalo Satya dan Cakra nonton video ini berulang-ulang, gw bawaannya tuh pengen baca sambil megang stabilo atau sticky notes trus nanda-nandain bagian yang penting! Salah satu pesan favorit gw:

Membangun sebuah hubungan itu butuh dua orang yang solid. Yang sama-sama kuat. Bukan yang saling ngisi kelemahan. Karena untuk menjadi kuat adalah tanggung jawab masing-masing orang. Bukan tanggung jawab orang lain.

Pesan-pesan dari Gunawan berakhir ketika Satya dan Cakra (masing-masing) akan menikah, yang artinya akan membentuk sebuah keluarga. Yang artinya mereka berada di posisi Gunawan, menjadi suami. Menjadi bapak. Ketika video terakhir, gw sedih banget..  rasanya seperti 'ah sudah, tanggung jawab bapak selesai di sini..' :') Dan video terakhir itu, yang 97%-nya diceritakan pada chapter Epilog.. sukses. Sukses banget bikin air mata gw berhamburan. Demmm.. Kang Adhit, sumpah ini keren :')





Walaupun menurut gw pesan-pesan moral yang ada dalam buku ini lebih ditujukan pada laki-laki (yang wujudnya anak-anak, remaja, bahkan yang sudah jadi ayah), tapi buku ini untuk siapa pun. Siapa pun. Juga untuk perempuan yang ingin memperbaiki diri agar menemukan laki-laki yang terbaik untuknya :') A must read!








Judul: Sabtu Bersama Bapak
Pengarang: Adhitya Mulya
Penerbit: GagasMedia
Tahun Terbit: 2014
Tebal: 278 halaman



See you next post! :D
Let's see others' best book:
Haru | Hayyu | Pita | Jejes | Pindo | Amel | Iin


7 comments:

  1. Aaaaakkk jadi pengen baca T_T
    Gw setuju banget sama quote yang atas, "bukan untuk mengisi kelemahan." Ah, itu sesuai sama konsep pernikahan di otak gw :')

    Bravo, niwa!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, tough girl :3 semoga bisa ketemu dengan laki-laki yg ngga kalah tough ya jes!

      Delete
  2. Jadi kaya how I meet your mother ya... Mirip konsepnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ya? waa ngga nonton, nontonnya how i met your dragon #eh #kayanyasalah

      Delete
    2. Mmmm enggak mirip ah mas...

      Delete
  3. Perpus udah punya ni buku belum ya? Kalo belum gw betak buku lo ya, wak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah gw belum balikin buku perpus (jadi inget)..
      Iya iya, ambil di Depok ya In.

      Delete

Terima kasih sudah membaca, feel free to leave any comment :)