17.11.13

SUMUT TRIP (PART 1)

Halo all :] Selamat siaaang..

Kembali lagi di blog gw~ mungkin ngga banyak yang tau kalo gw adalah seorang cewek (iya, iya cewek) blasteran Banjar Batak Jepang yaa? Iyaaa, abah gw itu berdarah Banjar (Kalsel fyi) asli.. dan mama seorang Batak Simalungun yang lahir di Siantar. Ada yang tahu Pematang Siantar di sini?

Kota Pematang Siantar adalah sebuah kota kecil (nggak sampai setengah luasnya Depok) di Sumatera Utara, tapi ternyata merupakan kota terbesar kedua di provinsi tersebut lhoo setelah Medan :)) Kalau ditempuh dengan mobil kira2 empat jam dari Medan, dan tiga jam dari Bandara Kualanamu.

Naah, akhir Agustus kemarin gw berkesempatan melakukan perjalanan mengarungi Pematang Siantar dan kota2 lain di Sumut bersama tour guide yang ternyata belum pernah ke beberapa tempat juga yang tak lain tak bukan adalah mama! Jeng jeng jreeng!

30.8.2013 Kami bertiga (gw, abang gw, dan mama) tiba di Kualanamu dengan menggunakan maskapai Air Asia.. Datangnya tepat pada jam makan siang, sehingga kami makan dulu di bandara, lalu naik 'taksi' powered by Paradep :D Dan ternyata dalam perjalanan menuju Siantar, setiap taksi Paradep akan berhenti di salah satu warung oleh-oleh di Jalan Bengkel, dan para penumpang bisa makan dulu di sanaa.. enak2 cuy makanannya :9


Karena tadi ngga puas ama makanan di bandara, jadi makan lagi dehh nyam nyam..



Perjalanan dilanjutkan dan kami sampai di rumah nenek pada malam hari, huweeee hisashiburi desu~ ntah sudah berapa tahun gw ngga kesanaaa.. xD

Esok paginya kami memulai kembali perjalanan dengan tujuan pertama: Danau Toba! Hampir 2 jam waktu yang dihabiskan dari rumah nenek menuju danau terbesar di dunia itu. Danau Toba ini emang luas banget lho.. untuk nyebranginnya ke Samosir aja butuh waktu 45 menit lebihh, bolak balik udah hampir 2 jam sendiri hihi..





Besar yaa? Iyaa.. karena danau ini terbentuk dari rasa sakit hati seorang wanita yang anaknya dicerca oleh suaminya sebagai anak ikan.. ya karena emang dia ikan hehe, jadi sebelum nikah gitu dia bikin perjanjian ngga boleh ungkit2 masa lalu si wanita.. pas dilanggar, udah deh ngambek trus dia berubah jadi ikan gede lagi dan bikin sungai2 meluap trus menggenang di lembah sampe jadi Danau Toba, cihuy kan?

Kalau versi aslinya, danau ini terbentuk dari ledakan gunung berapi yang sangat sangat sangat kuat selama seminggu bahkan hingga debu vulkaniknya tersebar hampir ke separuh bumi wow (o.o") nggak kebayang ya berapa banyak makhluk hidup yang mati karena ledakan itu. Tapi tenang.. kejadiannya udah lama banget, sekitar 70.000 tahun yang lalu lho! Dan hasil letusannya ini yang sangat luas jadi tergenang air dan menjadi danau.. :D Keren yak..

Naik kapal yang juga menjadi angkutan warga yang berdagang seharga 6000 rupiah per penumpang

Setelah menyebrangi danau hingga ke pulau Samosir, kami bertiga jalan2 di desa Tomok.. disana ada kuburan Raja Batak Sidabutar yang sudah ribuan tahun ada di situ (o.O") Kalau mau masuk ke area perkuburannya diharuskan memakai ulos (udah disediain)..


Puas ngeliatin kuburan eh.. nggak puas2 amat sih ya masa liat kuburan hepi? Oh iya dan kami sempet ngeliat patung Sigale-gale lagi joged di depan rumah2 Batak di situ, kami bertiga udah kelaparan lagiii.. dalam perjalanan balik ke dermaga Ajibata, ehh ketemu abang2 yang jualan sate padang nyam nyam x) selain sate padang, doi juga jualan mie-sop jadilah kita pesen buat pengganjal lapar hehehe.. enaak lhoo :9

Mie dikasih kuah trus ayam dll gitu, keliatannya biasa aja tapi enyaaak

Sehabis makan, kami kembali menyebrangi danau.. dan singgah ke rumah tempat pengasingan Bung Karno di Parapat. Dulu pas masa Agresi Militer Belanda II, para petinggi Indonesia diasingkan sama Belanda kesini gitu.. gw juga kurang paham sih kenapa, silakan kalau mau gugling cerita lengkapnya ehehe..

Ini rumah pengasingannya.. cakep yaaaah..

Rumah tempat pengasingan ini cakep deh, di sampingnya ada bukit2 trus cottage2 kecil lagi.. trus depannya langsung menghadap ke Danau Toba.. enak banget kayanya kalo nginep di sini. Di sisi sampingnya ada tangga turun ke danau.. jadi ada area untuk main air sendiri.. gw ngga ada planning buat nyemplung jadi cuma cipak cipak air sedikit ke kaki hohoho..

Aduh aduh itu lipetan perut kenapa bisa begituu lol

Okeee, sekian jalan2 ke Danau Toba-nyaa.. lanjutannya ke Museum Batak di Balige!

See you in next post!

2 comments:

  1. Wah foto makanannya begitu menggoda... saya pengen nasi gulai ikan pari, rasanya dimana tuh??? nyam-nyam pasti... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. rasanya enaakk apalagi kalau laperr ahahaha :9 thanks udah mampir ke blog ini yaa xD

      Delete

Terima kasih sudah membaca, feel free to leave any comment :)